Profil

Universitas Sebelas Maret merupakan salah satu Universitas Negeri di Indonesia yang  mencanangkan diri untuk menjadi World Class University (WCU). Dalam rangka menuju WCU maka saat ini UNS melakukan upaya-upaya untuk menjadi World Recognize University (WRU). Untuk menuju ke arah WCU maupun WRU perlu meningkatkan kualitas pembelajaran sebagai inti pelaksanaan pendidikan nasional. Peningkatan kualitas pembelajaran dapat dilaksanakan melalui peningkatan mutu komponen-komponen sistem pembelajaran, baik komponen input, process maupun output.

Universitas Sebelas Maret dalam rangka upaya tersebut telah membentuk Lembaga Pengembangan Pendidikan (LPP) yang ditugaskan untuk mengembangkan pendidikan di UNS. Sampai saat ini LPP mempunyai 4 (empat) pusat pengembangan, yaitu :

1. Pusat Pengembangan Sistem Pembelajaran (PPSP) yang ditugaskan mengkoordinasikan upaya pengembangan sistem pembelajaran serta upaya peningkatan keefektifan dan efisiensi proses pembelajaran,

2. Pusat Bimbingan Konseling dan Pengembangan Karier (PBKPK) yang berfungsi meningkatkan motivasi dan keefektifan belajar serta pembinaan karier mahasiswa.

3. Pusat Pengembangan Teknologi Informasi untuk Pembelajaran (PPTIup) yang berfungsi untuk mengembangkan sistem pembelajaran berbasis IT.

4. Pusat Pengembangan Sumberdaya Manusia (PPSDM) yang berfungsi untuk meningkatkan atau mengembangkan profesionalisme dosen dan tenaga kependidikan

Pelaksanaan tugas PPSP secara berkelanjutan dimulai dengan menyiapkan dosen muda dengan kemampuan melaksanakan pendidikan dan menyelenggarakan pembelajaran, dan  meningkatkan kemampuan dosen senior dalam merekonstruksi perkuliahannya; diikuti dengan pengembangan komponen sistem pembelajaran yang lain, yaitu kurikulum berbasis kompetensi, pembelajaran berbasis kompetensi, pembelajaran berbasis ICT, penyiapan dokumen maupun media pembelajaran, cara penilaian proses dan hasil belajar mahasiswa,  pengembangan buku teks dan bahan ajar, pemanfaatan evaluasi program untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan penyelenggaraan klinik pembelajaran untuk membantu memperbaiki dan menyelesaikan problema pembelajaran yang dihadapi oleh para dosen.

Peran PBKPK sangat strategis, karena di samping bertugas memberikan bantuan langsung kepada mahasiswa yang bermasalah,  juga berkepentingan untuk membantu pimpinan fakultas/jurusan/program studi di dalam mengoptimalkan perkembangan mahasiswa. Secara garis besar rencana tindakan PBKPK adalah selalu berkoordinasi dengan pimpinan fakultas/jurusan/program studi di dalam menyusun program-programnya, memberikan bimbingan belajar kepada mahasiswa, meningkatkan kompetensi pembimbingan dosen dan PA, memberikan bimbingan kepada mahasiswa agar mereka mampu mempersiapkan diri untuk memasuki dunia kerja dengan sebaik-baiknya dan dengan kualitas internasional

PPSDM adalah pusat baru yang dibentuk untuk meningkatkan kualitas profesionalisme dosen dan tenaga kependidikan.

PPTIup berperan sangat penting dalam pengembangan Teknologi Informasi yang berhubungan dengan dunia kependidikan.

LPP dibentuk berdasarkan SK Rektor No 759/J27/KP/2002 pada tanggal 16 Nopember 2002.

Comments Off

Comments are closed.